Penyalahgunaan Teknologi, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kategori: Teknologi dan Sain | Dibaca: 2431 | Anda Delicious Suka.?

forpiko.com Minggu, 08 Januari 2012

Hingga sekarang saya masih banyak melihat orang-orang yang menyalahkan teknologi (lebih spesifiknya di artikel ini tentang teknologi digital) ketika terjadi suatu hal negatif yang terkait dengan penggunaan teknologi. Menurut saya kita tidak bisa menyalahkan teknologi, orang yang membuat atau mengimplementasikan teknologi serta para pengguna teknologi lah yang harus bertanggung jawab jika ada penyalahgunaan teknologinya, bukan si teknologinya yang harus bertanggung jawab.

Laju perkembangan teknologi sendiri tidak bisa kita hentikan. Misal, ada seseorang yang berinovasi membuat aplikasi digital yang dapat menggunakan kamera handphone untuk mengambil gambar wajah seseorang lalu kemudian dari gambar tersebut dilacak semua akun sosial media atau aktifitas mereka di Internet. Awalnya mungkin akan terdengar agak mengerikan, namun menurut saya tetap ada beberapa penggunaan positif dari inovasi teknologi semacam itu. Jikalaupun ada yang berhasil melarang implementasi teknologi semacam itu, saya yakin akan ada orang lain yang nantinya akan mengimplementasikan teknologi tersebut.

Penggunaan secara negatif dari suatu teknologi pasti akan tetap ada. Namun begitu pasti bisa untuk ditekan penggunaan negatifnya. Bisa mulai dari edukasi ke para pengguna teknologi tentang cara penggunaan teknologi yang tepat serta apa yang boleh dan tidak boleh, hingga pengimplementasian teknologi dengan memberikan fitur-fitur yang dapat memproteksi dari pengunaan negatif.

Memberikan fitur-fitur yang dapat memproteksi dari penggunaan negatif menurut saya sangat penting dan dapat menekan efek penggunaan negatif dari sebuah teknologi. Mari kita ambil contoh Twitter, banyak yang menggunakan Twitter untuk keperluan yang dapat menggangu orang lain seperti menjelekkan orang lain atau sering mengirim iklan, nah maka dari itu di Twitter ada fitur semacam “Report as spam”, “Block”, atau akun privat untuk mengurangi efek dari penggunaan negatif Twitter. Coba kita pikirkan bila tidak ada fitur-fitur semacam itu, bisa kacau penggunaan Twitter nanti.

Nah… untuk para pengembang produk teknologi wajib untuk meberikan fitur-fitur yang dapat menekan efek penggunaan negatif dari produk tersebut. Dan, tentu juga harus disosialisakan kepada para penggunanya tentang fitur-fitur tersebut. Karena, menurut saya lebih mudah untuk menekan efek penggunaan negatif teknologi dari sisi pengembangnya daripada diserahkan semuanya ke pengguna.

Para pengguna namun begitu juga tetap harus menggunakan teknologi dengan mematuhi peraturan yang ada. Jika ada larangan-larangan yang diberikan dalam sebuah produk teknologi maka patuhilah sebisa mungkin. Seperti contoh kita pasti sering menemukan di boks video game biasanya terdapat batasan umur untuk dapat memainkan video game tersebut, jika melihat hal tersebut sudah pasti video game-nya tidak cocok untuk dimainkan oleh mereka yang di luar batasan umur tersebut.

Kembali ke pertanyaan di judul artikel ini, jawabannya yang jelas sudah pasti bukan dengan menyalahkan teknologi. Kita sebagai manusia yang membuat dan menggunakan teknologi lah yang harus bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi.

 

**(Forpiko.Com)**

Post by: Ridho   |   © 23:14:43 WIB





Baca Juga Berita Ini:

Komentar Anda Tentang Berita diatas :



§ forpiko.com Apakah anda masih suka dan bangga dengan produk luar negeri..?

Forpiko.Com - Forpiko.com - Tetaplah kecewa jika Anda masih suka dan bangga dengan produk luar negeri, karena berikut ini dengan Merek Lokal di Pasar Global.Siapa bilang produk Indonesia tidak bisa menembus pasar dunia ?Ditengah persaingan pasar dunia yang begitu ketat, sejumlah produk Indonesia justru mampu



forpiko.com Berita Foto: Pendukung Romney Menangis

Forpiko.Com - Forpiko.Com — Sorak-sorai yang diwarnai air mata bahagia mewarnai suasana di McCormick Place, di Chicago, Selasa (6/11/2012), begitu CNN menyatakan proyeksi mereka bahwa Presiden Barack Obama memenangi pemilihan presiden AS.Pendukung Mitt Romney, Alicia Hayes (kiri) ditenangkan oleh



forpiko.com Psikolog: Limbad Nikah Lagi Karena Sindrom Populer

Forpiko.Com - Kapanlagi.com - Ulah Limbad yang kabarnya telah menikah siri dengan perempuan bernama Benazie Endang B diduga karena sindrom selebritas. Sindrom ini sebenarnya memiliki dampak positif dan negatif pada orang yang bersangkutan. Namun apakah dampak positif atau negatif yang diambil, itu tergantung



§



 

forpiko.com

Tips Menangani Mobil

Forpiko.Com - Ketika sedang dalam perjalanan, bisa saja Anda menemui masalah dengan tiba-tiba mobil mogok. Apalagi jika memang sedikit jauh dari bengkel, Anda..

forpiko.com

Ditemukan Ekor Cicak,

Forpiko.Com - Kejadian mengejutkan datang dari McDonald Singapura, dimana pada salah satu menu McMuffin ditemukan ekor cicak. Meski demikian, saat ini McDonald..



§ PAST NEWS


forpiko.com

APAPUN ALASANYA, MENAHAN IJAZAH SISWA TIDAK TEPAT

Forpiko.Com - Apapun Alasannya, Menahan Ijazah Siswa Tidak Tepat JAKARTA (Pos Kota) – Tunggakan biaya sekolah bagi pelajar kurang mampu harus ...



forpiko.com

Tanya jawab kehalalan dan keamanan vaksin (part 4)

Forpiko.Com - antaranews.com, Mengapa di  Indonesia ada buku, tabloid, milis, yang menyebarkan isu bahwa vaksin berbahaya, tidak effektif, tidak ...



INFO VIA VIDEO

Tragedi Moralitas di China

Artikel dan Motivasi

forpiko.com

Inspirasi - Ketika Bob

Forpiko.Com - Ini merupakan kisah nyata yang dialami Bob Sadino yang dikira tukang sampah oleh seorang wanita yang sedang duduk-duduk di taman pribadi yang..

Liputan Bisnis

forpiko.com

Tidak Suka Bekerja

Forpiko.Com - Jakarta – Mungkin, bagi sebagian besar orang banyak, bekerja di perusahaan besar seperti Apple adalah sebuah keberuntungan. Namun, tidak..




::::: Sekilas Informasi :::::

Wang - Manusia Unicorn ... Tahun 1930, seorang petani Cina dari Mancgukuo  bertemu dengan seorang bankir Rusia.  Orang Rusia itu mengambil gambar  si petani dan mengirimkan fotonya ke Robert Ripley dari acara `Believe  It Or Not`.  Diketahui sebagai Wang, atau terkadang dipanggil Weng,  petani ini sebenernya bertubuh normal, kecuali tanduk sepanjang 14 inci  yang tumbuh dari belakang kepalanya.  Ripley menawarkan uang yang banyak  buat siapa saja yang bisa membawanya tampil di Odditorium. Namun, Wang  menghilang dari publik di awal 1930an dan nggak pernah terdengar lagi  kabarnya.


** (Forpiko.Com) **



Surat Al-Qur´an



Prakiraan Cuaca



BBC Indonesia



 
<>

Liputan Otomotif

forpiko.com

Tips Menangani Mobil

Forpiko.Com - Ketika sedang dalam perjalanan, bisa saja Anda menemui masalah dengan tiba-tiba mobil mogok. Apalagi jika memang sedikit jauh dari bengkel, Anda..

Teknologi dan Sain

forpiko.com

Microsoft Caplok

Forpiko.Com - Jakarta - Microsoft menyepakati pembelian jejaring sosial LinkedIn dengan mahar USD 26,2 miliar atau di kisaran Rp 349 triliun. Dikutip detikINET..

Humoria GUYONAN

forpiko.com

Video Duet Dangdut

Forpiko.Com - Tidak percaya? Tekan "Play" lalu marilah tertawa bersama.Anda yang tegang dengan kondisi sehar-hari wajib menonton video ini. Isinya berupa..

Ikuti Link Terkait Forpiko.Com

Selaras Follow with Delicious Forpiko.Com Facebook ForpikoNews RSS DOWNLOAD GRATISS

Baca Juga:
Waspadai 5 Bahan Kimia Berbahaya di Dalam
Google Gelar Sayembara "Cari Kutu"
Perusahaan yang Paling Ditakuti
Ini Dia 25 Peraih Nilai UN SMA Tertinggi Bidang
Car Free Day Sidoarjo
Alasan Kenapa Kesepian Bikin Orang Cepat
Ustad Komersil Enggan Berceramah Kalau Bayaran

CLOSE