Penyalahgunaan Teknologi, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kategori: Teknologi dan Sain | Dibaca: 975 | Anda Delicious Suka.?

forpiko.com Minggu, 08 Januari 2012

Hingga sekarang saya masih banyak melihat orang-orang yang menyalahkan teknologi (lebih spesifiknya di artikel ini tentang teknologi digital) ketika terjadi suatu hal negatif yang terkait dengan penggunaan teknologi. Menurut saya kita tidak bisa menyalahkan teknologi, orang yang membuat atau mengimplementasikan teknologi serta para pengguna teknologi lah yang harus bertanggung jawab jika ada penyalahgunaan teknologinya, bukan si teknologinya yang harus bertanggung jawab.

Laju perkembangan teknologi sendiri tidak bisa kita hentikan. Misal, ada seseorang yang berinovasi membuat aplikasi digital yang dapat menggunakan kamera handphone untuk mengambil gambar wajah seseorang lalu kemudian dari gambar tersebut dilacak semua akun sosial media atau aktifitas mereka di Internet. Awalnya mungkin akan terdengar agak mengerikan, namun menurut saya tetap ada beberapa penggunaan positif dari inovasi teknologi semacam itu. Jikalaupun ada yang berhasil melarang implementasi teknologi semacam itu, saya yakin akan ada orang lain yang nantinya akan mengimplementasikan teknologi tersebut.

Penggunaan secara negatif dari suatu teknologi pasti akan tetap ada. Namun begitu pasti bisa untuk ditekan penggunaan negatifnya. Bisa mulai dari edukasi ke para pengguna teknologi tentang cara penggunaan teknologi yang tepat serta apa yang boleh dan tidak boleh, hingga pengimplementasian teknologi dengan memberikan fitur-fitur yang dapat memproteksi dari pengunaan negatif.

Memberikan fitur-fitur yang dapat memproteksi dari penggunaan negatif menurut saya sangat penting dan dapat menekan efek penggunaan negatif dari sebuah teknologi. Mari kita ambil contoh Twitter, banyak yang menggunakan Twitter untuk keperluan yang dapat menggangu orang lain seperti menjelekkan orang lain atau sering mengirim iklan, nah maka dari itu di Twitter ada fitur semacam “Report as spam”, “Block”, atau akun privat untuk mengurangi efek dari penggunaan negatif Twitter. Coba kita pikirkan bila tidak ada fitur-fitur semacam itu, bisa kacau penggunaan Twitter nanti.

Nah… untuk para pengembang produk teknologi wajib untuk meberikan fitur-fitur yang dapat menekan efek penggunaan negatif dari produk tersebut. Dan, tentu juga harus disosialisakan kepada para penggunanya tentang fitur-fitur tersebut. Karena, menurut saya lebih mudah untuk menekan efek penggunaan negatif teknologi dari sisi pengembangnya daripada diserahkan semuanya ke pengguna.

Para pengguna namun begitu juga tetap harus menggunakan teknologi dengan mematuhi peraturan yang ada. Jika ada larangan-larangan yang diberikan dalam sebuah produk teknologi maka patuhilah sebisa mungkin. Seperti contoh kita pasti sering menemukan di boks video game biasanya terdapat batasan umur untuk dapat memainkan video game tersebut, jika melihat hal tersebut sudah pasti video game-nya tidak cocok untuk dimainkan oleh mereka yang di luar batasan umur tersebut.

Kembali ke pertanyaan di judul artikel ini, jawabannya yang jelas sudah pasti bukan dengan menyalahkan teknologi. Kita sebagai manusia yang membuat dan menggunakan teknologi lah yang harus bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi.

 

**(Forpiko.Com)**

Post by: Ridho   |   © 23:14:43 WIB





Baca Juga Berita Ini:

Komentar Anda Tentang Berita diatas :



§ forpiko.com "Tornado Api" dari Langit Berhasil Terekam Kamera

Forpiko.Com - Okezone. SIDNEY - Alam memang penuh misteri. Seorang pria bernama Chris Tangey berhasil merekam salah satu misteri itu, sebuah tornado api yang jatuh dari langit di Australian Outback.Dilansir dari Live Science, Jumat (21/9/2012), Tangey yang berprofesi sebagai pembuat film berhasil mengabadikan



forpiko.com Lebaran, Harga Daging Naik Empat Kali Lipat

Forpiko.Com - TEMPO.CO, Jakarta -Harga daging terus meroket menjelang Lebaran. Ketua Komisi Pertanian Dewan Perwakilan Rakyat, Herman Khaeron mengatakan kenaikan harga daging sapi hingga empat kali lipat dibandingkan hari biasa.Kenaikan harga bisa terjadi dua kali dalam satu bulan terakhir, yaitu menjelang puasa



forpiko.com Chef Korea Sayangkan JCF 2012 Bukan Dihelat Pemerintah

Forpiko.Com - Okezone . JAKARTA - JCF 2012 dihelat oleh Ismaya Group hingga akhir Oktober mendatang. Perhelatannya disayangkan oleh chef kondang asal Korea.Perhelatan tahunan Jakarta Culinary Festival (JCF) 2012 telah dimulai sejak Jumat, 4 Oktober 2012, di Grand Indonesia, Jakarta. Acara hingga 31 Oktober 2012



§



 

forpiko.com

Pengemudi VW yang

Forpiko.Com - SEMARANG, Seorang pemuda bernama Arnold (20), pengendara VW Beetle warna oranye yang menabrak mobil dinas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dari..

forpiko.com

Tips Mempertahankan

Forpiko.Com - Suasana hati dan kondisi tubuh yang kurang fit sering menjadi faktor utama menurunnya semangat bekerja kita. Baik sejak melangkahkan kaki menuju..



§ PAST NEWS


forpiko.com

Payudara Wanita Ini "Meledak" Gara-gara Digigit Nyamuk

Forpiko.Com - Forpiko.com - Jakarta, Gigitan nyamuk memang bisa mematikan karena dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti demam berdarah atau chikungunya. Tapi ...



forpiko.com

GANGGUAN USAHA Jumlah kasus cenderung meningkat

Forpiko.Com - JAKARTA: Jumlah kasus gangguan usaha dan konflik perkebunan (GUKP) cenderung meningkat, tetapi sebaliknya jumlah penyelesaian kasus justru semakin ...



INFO VIA VIDEO

Tragedi Moralitas di China

Artikel dan Motivasi

forpiko.com

Tips Mempertahankan

Forpiko.Com - Suasana hati dan kondisi tubuh yang kurang fit sering menjadi faktor utama menurunnya semangat bekerja kita. Baik sejak melangkahkan kaki menuju..

Liputan Bisnis

forpiko.com

Menengok Sejarah MMM,

Forpiko.Com - Jakarta -Masyarakat kerap kali menghadapi berbagai skema investasi yang menjanjikan keuntungan luar biasa. Namun tidak jarang pula berakhir dengan..




::::: Sekilas Informasi :::::

Wang - Manusia Unicorn ... Tahun 1930, seorang petani Cina dari Mancgukuo  bertemu dengan seorang bankir Rusia.  Orang Rusia itu mengambil gambar  si petani dan mengirimkan fotonya ke Robert Ripley dari acara `Believe  It Or Not`.  Diketahui sebagai Wang, atau terkadang dipanggil Weng,  petani ini sebenernya bertubuh normal, kecuali tanduk sepanjang 14 inci  yang tumbuh dari belakang kepalanya.  Ripley menawarkan uang yang banyak  buat siapa saja yang bisa membawanya tampil di Odditorium. Namun, Wang  menghilang dari publik di awal 1930an dan nggak pernah terdengar lagi  kabarnya.


** (Forpiko.Com) **



Surat Al-Qur´an



Prakiraan Cuaca



BBC Indonesia



 
<>

Liputan Otomotif

forpiko.com

Tips Menangani Mobil

Forpiko.Com - Ketika sedang dalam perjalanan, bisa saja Anda menemui masalah dengan tiba-tiba mobil mogok. Apalagi jika memang sedikit jauh dari bengkel, Anda..

Teknologi dan Sain

forpiko.com

Dikira Pelihara Tuyul

Forpiko.Com - SUASANA ruang tamu di rumah Arfi&rsquo;an Fuadi, 28, di Jalan Canden, Salatiga, Jawa Tengah, masih dipenuhi nuansa Idul Fitri. Jajanan Lebaran..

Humoria GUYONAN

forpiko.com

Cowok Idaman Para

Forpiko.Com - Cewek : Mas kerja dimana?Cowok : Saya cuma usaha beberapa hotel bintang 4 dan 5 di Jakarta dan Bali&hellip;Cewek : (WAW&hellip;Konglomerat..

Ikuti Link Terkait Forpiko.Com

Selaras Follow with Delicious Forpiko.Com Facebook ForpikoNews RSS DOWNLOAD GRATISS

Baca Juga:
PANAS BAKAL MERATA se PULAU
Ahok Harap Monorel Mampu Kurangi Macet Kurang
Presiden Obama Menerima Surat dari Praktisi Falun
Google Ajak Pengguna Internet Kunjungi Menara
Temuan Jari Raksasa Di
Pelatih Anggar Mundur dari Pelatih
Ruben Onsu Berharap Uang Ade Namnung

CLOSE