Penyalahgunaan Teknologi, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kategori: Teknologi dan Sain | Dibaca: 2051 | Anda Delicious Suka.?

forpiko.com Minggu, 08 Januari 2012

Hingga sekarang saya masih banyak melihat orang-orang yang menyalahkan teknologi (lebih spesifiknya di artikel ini tentang teknologi digital) ketika terjadi suatu hal negatif yang terkait dengan penggunaan teknologi. Menurut saya kita tidak bisa menyalahkan teknologi, orang yang membuat atau mengimplementasikan teknologi serta para pengguna teknologi lah yang harus bertanggung jawab jika ada penyalahgunaan teknologinya, bukan si teknologinya yang harus bertanggung jawab.

Laju perkembangan teknologi sendiri tidak bisa kita hentikan. Misal, ada seseorang yang berinovasi membuat aplikasi digital yang dapat menggunakan kamera handphone untuk mengambil gambar wajah seseorang lalu kemudian dari gambar tersebut dilacak semua akun sosial media atau aktifitas mereka di Internet. Awalnya mungkin akan terdengar agak mengerikan, namun menurut saya tetap ada beberapa penggunaan positif dari inovasi teknologi semacam itu. Jikalaupun ada yang berhasil melarang implementasi teknologi semacam itu, saya yakin akan ada orang lain yang nantinya akan mengimplementasikan teknologi tersebut.

Penggunaan secara negatif dari suatu teknologi pasti akan tetap ada. Namun begitu pasti bisa untuk ditekan penggunaan negatifnya. Bisa mulai dari edukasi ke para pengguna teknologi tentang cara penggunaan teknologi yang tepat serta apa yang boleh dan tidak boleh, hingga pengimplementasian teknologi dengan memberikan fitur-fitur yang dapat memproteksi dari pengunaan negatif.

Memberikan fitur-fitur yang dapat memproteksi dari penggunaan negatif menurut saya sangat penting dan dapat menekan efek penggunaan negatif dari sebuah teknologi. Mari kita ambil contoh Twitter, banyak yang menggunakan Twitter untuk keperluan yang dapat menggangu orang lain seperti menjelekkan orang lain atau sering mengirim iklan, nah maka dari itu di Twitter ada fitur semacam “Report as spam”, “Block”, atau akun privat untuk mengurangi efek dari penggunaan negatif Twitter. Coba kita pikirkan bila tidak ada fitur-fitur semacam itu, bisa kacau penggunaan Twitter nanti.

Nah… untuk para pengembang produk teknologi wajib untuk meberikan fitur-fitur yang dapat menekan efek penggunaan negatif dari produk tersebut. Dan, tentu juga harus disosialisakan kepada para penggunanya tentang fitur-fitur tersebut. Karena, menurut saya lebih mudah untuk menekan efek penggunaan negatif teknologi dari sisi pengembangnya daripada diserahkan semuanya ke pengguna.

Para pengguna namun begitu juga tetap harus menggunakan teknologi dengan mematuhi peraturan yang ada. Jika ada larangan-larangan yang diberikan dalam sebuah produk teknologi maka patuhilah sebisa mungkin. Seperti contoh kita pasti sering menemukan di boks video game biasanya terdapat batasan umur untuk dapat memainkan video game tersebut, jika melihat hal tersebut sudah pasti video game-nya tidak cocok untuk dimainkan oleh mereka yang di luar batasan umur tersebut.

Kembali ke pertanyaan di judul artikel ini, jawabannya yang jelas sudah pasti bukan dengan menyalahkan teknologi. Kita sebagai manusia yang membuat dan menggunakan teknologi lah yang harus bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi.

 

**(Forpiko.Com)**

Post by: Ridho   |   © 23:14:43 WIB





Baca Juga Berita Ini:

Komentar Anda Tentang Berita diatas :



§ forpiko.com Kepribadian Jadi Syarat Peserta Ujian Nasional

Forpiko.Com - Yogyakarta - Pemerintah Kota Yogyakarta akan kesulitan mengawasi kebijakan sekolah mengakomodasi hak siswa ikut ujian nasional dengan adanya mekanisme penilaian kepribadian sebagai satu syarat. Penilaian kepribadian itu merupakan salah satu syarat siswa dapat masuk dalam Daftar Nominator Tetap



forpiko.com Indra Sjafri: Jika Ada Kesungguhan Di Situ Ada Jalan

Forpiko.Com - Ketika hati ini merasa bangga dengan kesuksesan yang dicapai oleh timnas U-19, penulis merasa bahwa Indra Sjafri bisa menjadi sosok teladan bagi generasi muda bangsa ini. Bukan hanya lantaran prestasinya membawa timnas U-19 memenangi Piala AFF U-19 dan lolos ke Piala Asia U-19 tahun depan, tetapi



forpiko.com Petinju Legendaris Muhammad Ali Meninggal Dunia

Forpiko.Com - PHOENIX, - Legenda tinju dunia, Muhammad Ali, dinyatakan meninggal dunia, Jumat (Sabtu WIB) akibat komplikasi penyakit parkinson yang dideritanya.Juru bicara keluarga Ali, Bob Gunnell, secara resmi mengumumkan kepergian petinju yang pernah menjadi ikon dunia pada 1960-1970-an ini. "Setelah 12



§



 

forpiko.com

Roket SpaceX Andalan

Forpiko.Com - CAPE CANAVERAL - Sebuah roket Falcon 9 milik grup Elon Musk`s SpaceX meledak saat persiapan untuk peluncuran di Cape Canaveral, Florida, Amerika..

forpiko.com

Ditemukan Ekor Cicak,

Forpiko.Com - Kejadian mengejutkan datang dari McDonald Singapura, dimana pada salah satu menu McMuffin ditemukan ekor cicak. Meski demikian, saat ini McDonald..



§ PAST NEWS


forpiko.com

Bisnis Butuh Tekad, Bukan Nekat

Forpiko.Com - KOMPAS.com — Menjadi seorang wirausaha membutuhkan persiapan matang agar bisnis yang dijalankan bisa benar-benar berhasil. "Orang yang ...



forpiko.com

Kemendikbud Siap Perangi Film Murahan

Forpiko.Com - Forpiko.com - SEMARANG, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan siap memerangi film-film murahan yang tidak menggali nilai-nilai budaya, ...



INFO VIA VIDEO

Tragedi Moralitas di China

Artikel dan Motivasi

forpiko.com

Inspirasi - Ketika Bob

Forpiko.Com - Ini merupakan kisah nyata yang dialami Bob Sadino yang dikira tukang sampah oleh seorang wanita yang sedang duduk-duduk di taman pribadi yang..

Liputan Bisnis

forpiko.com

Tidak Suka Bekerja

Forpiko.Com - Jakarta – Mungkin, bagi sebagian besar orang banyak, bekerja di perusahaan besar seperti Apple adalah sebuah keberuntungan. Namun, tidak..




::::: Sekilas Informasi :::::

Kopi Starbucks Hong Kong Menggunakan Air Toilet Akhir Mei lalu, masyarakat Hong Kong dikejutkan dan dibuat geram oleh pemberitaan yang mengatakan bahwa Starbucks di sana menggunakan air keran di toilet untuk bahan pembuatan kopinya. Hal ini membuat marah banyak konsumen di sana. Seperti yang kita tahu, Starbucks merupakan salah satu brand kopi terpercaya dan eksklusif dengan harga yang bersaing. Oleh karena itu, mengetahui kopi yang mereka konsumsi ternyata terbuat dari air keran toilet, mereka sangat terkejut. Berita ini semakin dibuktikan dengan beberapa foto yang diambil dari Bank of China Tower. Pada gambar itu, ditunjukkan beberapa pria mengambil air dari keran toilet, bersebelahan dengan orang yang sedang buang air kecil. Pria itu kemudian membawa air tersebut menuju ke toko untuk dijadikan bahan baku. Mengejutkannya lagi, praktik ini sudah dilakukan sejak mereka buka pertama kali tahun 2011. Pihak Starbucks Hong Kong, Wendy Pang, mengatakan bahwa air tersebut sudah mengalami proses filtrasi sesuai standar WHO. Namun pihaknya tetap meminta maaf dan mengatakan bahwa saat...
** (Forpiko.Com) **



Surat Al-Qur´an



Prakiraan Cuaca



BBC Indonesia



 
<>

Liputan Otomotif

forpiko.com

Tips Menangani Mobil

Forpiko.Com - Ketika sedang dalam perjalanan, bisa saja Anda menemui masalah dengan tiba-tiba mobil mogok. Apalagi jika memang sedikit jauh dari bengkel, Anda..

Teknologi dan Sain

forpiko.com

Microsoft Caplok

Forpiko.Com - Jakarta - Microsoft menyepakati pembelian jejaring sosial LinkedIn dengan mahar USD 26,2 miliar atau di kisaran Rp 349 triliun. Dikutip detikINET..

Humoria GUYONAN

forpiko.com

Video Duet Dangdut

Forpiko.Com - Tidak percaya? Tekan "Play" lalu marilah tertawa bersama.Anda yang tegang dengan kondisi sehar-hari wajib menonton video ini. Isinya berupa..

Ikuti Link Terkait Forpiko.Com

Selaras Follow with Delicious Forpiko.Com Facebook ForpikoNews RSS DOWNLOAD GRATISS

Baca Juga:
Inilah Rahasia Mengapa McDonald Tidak Akan
STRES DAN DEPRESI: AKIBAT TIDAK MENJALANKAN
Mendikbud Perintahkan Penarikan LKS
Video kotak teh melayang-layang di sebuah toko di
Definisi
Indonesia Sekarang Bukan Indonesia yang
Penyalahgunaan Teknologi, Bagaimana Cara

CLOSE