Penyalahgunaan Teknologi, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kategori: Teknologi dan Sain | Dibaca: 1007 | Anda Delicious Suka.?

forpiko.com Minggu, 08 Januari 2012

Hingga sekarang saya masih banyak melihat orang-orang yang menyalahkan teknologi (lebih spesifiknya di artikel ini tentang teknologi digital) ketika terjadi suatu hal negatif yang terkait dengan penggunaan teknologi. Menurut saya kita tidak bisa menyalahkan teknologi, orang yang membuat atau mengimplementasikan teknologi serta para pengguna teknologi lah yang harus bertanggung jawab jika ada penyalahgunaan teknologinya, bukan si teknologinya yang harus bertanggung jawab.

Laju perkembangan teknologi sendiri tidak bisa kita hentikan. Misal, ada seseorang yang berinovasi membuat aplikasi digital yang dapat menggunakan kamera handphone untuk mengambil gambar wajah seseorang lalu kemudian dari gambar tersebut dilacak semua akun sosial media atau aktifitas mereka di Internet. Awalnya mungkin akan terdengar agak mengerikan, namun menurut saya tetap ada beberapa penggunaan positif dari inovasi teknologi semacam itu. Jikalaupun ada yang berhasil melarang implementasi teknologi semacam itu, saya yakin akan ada orang lain yang nantinya akan mengimplementasikan teknologi tersebut.

Penggunaan secara negatif dari suatu teknologi pasti akan tetap ada. Namun begitu pasti bisa untuk ditekan penggunaan negatifnya. Bisa mulai dari edukasi ke para pengguna teknologi tentang cara penggunaan teknologi yang tepat serta apa yang boleh dan tidak boleh, hingga pengimplementasian teknologi dengan memberikan fitur-fitur yang dapat memproteksi dari pengunaan negatif.

Memberikan fitur-fitur yang dapat memproteksi dari penggunaan negatif menurut saya sangat penting dan dapat menekan efek penggunaan negatif dari sebuah teknologi. Mari kita ambil contoh Twitter, banyak yang menggunakan Twitter untuk keperluan yang dapat menggangu orang lain seperti menjelekkan orang lain atau sering mengirim iklan, nah maka dari itu di Twitter ada fitur semacam “Report as spam”, “Block”, atau akun privat untuk mengurangi efek dari penggunaan negatif Twitter. Coba kita pikirkan bila tidak ada fitur-fitur semacam itu, bisa kacau penggunaan Twitter nanti.

Nah… untuk para pengembang produk teknologi wajib untuk meberikan fitur-fitur yang dapat menekan efek penggunaan negatif dari produk tersebut. Dan, tentu juga harus disosialisakan kepada para penggunanya tentang fitur-fitur tersebut. Karena, menurut saya lebih mudah untuk menekan efek penggunaan negatif teknologi dari sisi pengembangnya daripada diserahkan semuanya ke pengguna.

Para pengguna namun begitu juga tetap harus menggunakan teknologi dengan mematuhi peraturan yang ada. Jika ada larangan-larangan yang diberikan dalam sebuah produk teknologi maka patuhilah sebisa mungkin. Seperti contoh kita pasti sering menemukan di boks video game biasanya terdapat batasan umur untuk dapat memainkan video game tersebut, jika melihat hal tersebut sudah pasti video game-nya tidak cocok untuk dimainkan oleh mereka yang di luar batasan umur tersebut.

Kembali ke pertanyaan di judul artikel ini, jawabannya yang jelas sudah pasti bukan dengan menyalahkan teknologi. Kita sebagai manusia yang membuat dan menggunakan teknologi lah yang harus bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi.

 

**(Forpiko.Com)**

Post by: Ridho   |   © 23:14:43 WIB





Baca Juga Berita Ini:

Komentar Anda Tentang Berita diatas :



§ forpiko.com Oh Indonesia... Honor Penggali Kubur pun Dikorup

Forpiko.Com -   Forpiko.com - JAKARTA, Sunat menyunat anggaran seperti sudah biasa di ruang lingkup birokrat Indonesia. di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, honor penggali kubur pun ikut dikorupsi. Ya ampun... Hal ini terkuak dalam lanjutan sidang kasus korupsi honor penggali kubur di Tempat



forpiko.com Dialektika Antara Agama dan Sains

Forpiko.Com - forpiko.com - Manusia, siapa pun dia, pasti pernah disergap oleh pertanyaan-pertanyaan fundamental dalam sejarah hidupnya. Semisal, apa sebenarnya hakikat kehidupan dan kebenaran. Sekalipun penasaran bawaan semacam ini terkadang dilindas oleh kesibukan praktis sehari-hari, ia sesungguhnya tidak



forpiko.com Soal Insiden Al-quran Dibakar, Afghanistan Minta AS Bekerja Sama

Forpiko.Com - Tindakan pembakaran Al-quran tanpa sengaja oleh AS adalah suatu kebodohan dan kesalahan dengan konsekuensi serius. KABUL, Jaringnews.com - Sebanyak sembilan pengunjuk rasa tewas ditembak dan puluhan lainnya luka-luka, Rabu (22/2), saat melancarkan aksi protes menentang pembakaran Al-quran di



§



 

forpiko.com

Balai Kirti: mengenang

Forpiko.Com - "Setiap Presiden Pasti Berbuat yang Terbaik Bagi Indonesia"Kalimat tersebut terpahat di prasasti yang terletak tidak jauh dari pintu masuk..

forpiko.com

Pelantikan Presiden

Forpiko.Com - "Joko Widodo telah diambil sumpah sebagai presiden Indonesia dan merupakan presiden pertama yang bukan elit partai dan bukan pula..



§ PAST NEWS


forpiko.com

Capres 2014, "PKB Tersandera Rhoma Irama"

Forpiko.Com - Forpiko.com, Jakarta : Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diwacanakan bakal mengusung Rhoma Irama sebagai capres pada Pemilu 2014 mendatang. Baliho PKB ...



forpiko.com

24 Fakta Unik Tentang Makanan

Forpiko.Com - INIUNIK.WEB.ID — Makanan asli Indonesia sangat beragam, apalagi dengan tambahan makanan dari asing (Asia, Eropa, Amerika) membuat makanan ...



INFO VIA VIDEO

Tragedi Moralitas di China

Artikel dan Motivasi

forpiko.com

Tips Mempertahankan

Forpiko.Com - Suasana hati dan kondisi tubuh yang kurang fit sering menjadi faktor utama menurunnya semangat bekerja kita. Baik sejak melangkahkan kaki menuju..

Liputan Bisnis

forpiko.com

Tidak Suka Bekerja

Forpiko.Com - Jakarta – Mungkin, bagi sebagian besar orang banyak, bekerja di perusahaan besar seperti Apple adalah sebuah keberuntungan. Namun, tidak..




::::: Sekilas Informasi :::::

Kopi Starbucks Hong Kong Menggunakan Air Toilet Akhir Mei lalu, masyarakat Hong Kong dikejutkan dan dibuat geram oleh pemberitaan yang mengatakan bahwa Starbucks di sana menggunakan air keran di toilet untuk bahan pembuatan kopinya. Hal ini membuat marah banyak konsumen di sana. Seperti yang kita tahu, Starbucks merupakan salah satu brand kopi terpercaya dan eksklusif dengan harga yang bersaing. Oleh karena itu, mengetahui kopi yang mereka konsumsi ternyata terbuat dari air keran toilet, mereka sangat terkejut. Berita ini semakin dibuktikan dengan beberapa foto yang diambil dari Bank of China Tower. Pada gambar itu, ditunjukkan beberapa pria mengambil air dari keran toilet, bersebelahan dengan orang yang sedang buang air kecil. Pria itu kemudian membawa air tersebut menuju ke toko untuk dijadikan bahan baku. Mengejutkannya lagi, praktik ini sudah dilakukan sejak mereka buka pertama kali tahun 2011. Pihak Starbucks Hong Kong, Wendy Pang, mengatakan bahwa air tersebut sudah mengalami proses filtrasi sesuai standar WHO. Namun pihaknya tetap meminta maaf dan mengatakan bahwa saat...
** (Forpiko.Com) **



Surat Al-Qur´an



Prakiraan Cuaca



BBC Indonesia



 
<>

Liputan Otomotif

forpiko.com

Tips Menangani Mobil

Forpiko.Com - Ketika sedang dalam perjalanan, bisa saja Anda menemui masalah dengan tiba-tiba mobil mogok. Apalagi jika memang sedikit jauh dari bengkel, Anda..

Teknologi dan Sain

forpiko.com

iPhone 6 Dibongkar,

Forpiko.Com - iPhone 6 dan iPhone 6 Plus sudah mulai dipasarkan di sembilan negara pada Jumat (19/9/2014). Duo smartphone terbaru Apple tersebut dijual dengan..

Humoria GUYONAN

forpiko.com

Cowok Idaman Para

Forpiko.Com - Cewek : Mas kerja dimana?Cowok : Saya cuma usaha beberapa hotel bintang 4 dan 5 di Jakarta dan Bali&hellip;Cewek : (WAW&hellip;Konglomerat..

Ikuti Link Terkait Forpiko.Com

Selaras Follow with Delicious Forpiko.Com Facebook ForpikoNews RSS DOWNLOAD GRATISS

Baca Juga:
Awas...! Makanan Pengawet Picu
FPI Diminta untuk Belajar UU
Dialektika Antara Agama dan
10 Cara Belajar Efektif Saat Mau Ujian
Temuan Jari Raksasa Di
Kisah Pasangan Transgender yang Saling Jatuh
UPS di Duren Tiga Terbakar, Beberapa Situs Web

CLOSE